Senin, 20 November 2017

Ikatlah Ilmu dengan Menuliskanya

assalamualaikum WR.WB

    hari ini saya akan menjelaskan suatu hal yang sedikit berbeda dari sebelumnya, biasanya saya menjelaskan tentang sesuatu yang mengarahkan ke TIK mungkin kali ini sedikit berbeda.

    mengapa kita sering disuruh untuk menulis pelajaran yang sebenarnya ada di buku kita sendiri oleh guru kita?, sebenarnya guru kita itu hanya ingin kita lebih bisa mengingat pelajaran yang baru saja di pelajari.


     menulis ilmu adalah salah satu sarana untuk memelihara ilmu. Rasulullah bersabda:


             قَيِّدُوا الْعِلْمَ

"ikatlah ilmu dengan kitab (yaitu: dengan menuliskanya)"

   Jika kita pahami dengan seksama dari arti hadits tersebut bahwa Rasulullah juga menyarankan untuk menulis/mencatat ilmu/pelajaran yang baru kita dapat agar kita lebih lama mengingatnya.

   selain mencatat kita juga harus memperhatikan guru. saya terbiasa menulis/mencatat sesuatu yang penting di buku tulis saya, hal itu biasa saya lakukan jika ada ulangan, sambil belajar saya akan menulis hal-hal yang penting-pentingnya, kemudian saya akan membacanya. mungkin hal itu bisa kalian coba.

    dan janganlah kalian malas saat disuruh menulis/mencatat pelajaran yang sudah ada di buku. karna gurumu hanya ingin kalian mengingat pelajaran/ilmu itu. tetaplah bersemangat !!!, ya aku tau menulis/mencatat itu bikin tangan pegel/cape, tapi jangan gampang menyerah begitu saja dong!!! oke!!!.

      sampai sini dulu ya pembahasan kali ini, dan jangan lupa baca yang lain!!! karna ada yang lebih bagus. selamat membaca.


sumber: https://farisna.wordpress.com/tag/menulis-ilmu/
penulis: https://shaffasabiya.blogspot.co.id/




     ingat ya! jangan males untuk menulis/mencatat ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar