Selasa, 24 Oktober 2017

bagaimana kita berbakti kepada orang tua?

assalamualaikum wr.wb

      hari ini saya akan menjelaskan bagaiman cara kita berbakti kepada orang tua ? 

      sebenarnya mudah saja, seperti membantu kedua orang tua kita. contohnya membantu ibu mencuci piring atau mencuci baju, menyapu halaman atau mengepel ruangan. 

       jika dengan ayah kita bisa buatkan minum ketika ia pulang dari kerja, karna ia pasti sangat lelah. memijitkan ia ketika ia kecapean.

      islam juga menjadikan berbakti kepada orangtua sebagai kewajiban yang sangat besar. 

     tidak menyusahkan orang tua juga termasuk berakti ke pada orang tua . contohnya merapikan tempat tidur sendiri, merapikan pakaian sendiri, dan jika habis main merapikan nya kembali.

    dan walaupun kita sudah berkeluarga, tanggung jawab berbakti kepada oran tua masih berjalan. karna tanggung jawab itu kekal.         
      dan jika kalian tinggal terpisah dari orang tua rajin-rajin lah menengok nya, atau jika kalian tidak ada waktu kalian bisa menelfon nya.



Seperti tersurat dalam surat al-Israa’ ayat 23-24, Allah Ta’ala berfirman:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” [Al-Israa’ : 23-24]

     makna dari surah di atas adalah jika kita disuruh oleh orang tua jangan sesekali berkata "ah" kepadanya dan kita tiak boleh berkata kasar ke pada orang tua. 

     dan kita harus merendahkan diri kita kepadanya. karna mereka yang telah membesarkan kita, mereka yang akan selalu menyayangi kita sampai kita tua, dan mereka yang akan membantu mereka ketika tidak da yang mau menolong kita.


     dan sekarang juga jika kita punya salah kita minta maaf segera
dan jangan lupa mendoakan mereka.

wassalamualaikum wr.wb 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar